#17 – Si Juki & Mang Awung

Memperingati Hari Buku Nasional 17 Mei 2021, saya mencoba mengunggah 17 buku berbahasa Indonesia, yang pernah saya baca. Dipilih secara acak, urutan unggahan juga tidak menunjukkan apa-apa. Semata-mata ingin bercerita tentang sebuah buku. Dan ini, unggahan terakhir.

 

Unggahan #17 – Si Juki & Mang Awung

(Komik)

Komikus: Faza Meonk

Asisten Cerita: Yahya M

Asisten Visual: Aji WST & Alie Fachri

Penerbit: PT Elex Media Komputindo

(Cetakan ketiga, Februari 2020)

 

Gubrag!

 

Yang Nanya: Kenapa ujung-ujungnya jadi Si Juki?

Saya: Kenapa enggak?

Yang Nanya: Dari semua buku berbahasa Indonesia di rak, kenapa Si Juki? Enggak ada yang lain?

Saya: Yang lain belum tentu setiaaa… jadi pilihlah aku.

Yang Nanya: Serius dong, ah!

Saya: Dari kemarin yang 16 judul udah banyak yang serius. Sesekali komik yang bikin ketawa, enggak apa-apa dong.

Yang Nanya: Keabisan buku berbahasa Indonesia yah?

Saya: Masih banyak. Cuma banyak yang belum selesai dibaca. Lebih banyak lagi buku-buku yang udah lama banget jadi banyak lupa isinya bagaimana. Oh ya, ada juga golongan buku sejuta umat yang hampir semua orang punya, yang kalau liat kover dan penulisnya aja, udah siap-siap bikin quotes-nya. Jadi Si Juki ajalah, biar anti mainstream, kayak judul soundtracknya.

Yang Nanya: Tapi, orang berumur (maksudnya tua) mengunggah Si Juki tampak seperti putus asa. Ayo ngaku, putus asa, ya?

Saya: Enak aja (dia pikir saya tua). Komik Si Juki berbahasa apa? Bahasa Indonesia kan? Kasih Si Juki kesempatan, dong. Kita harus mau baca buku apa aja, supaya terbuka, nambah referensi dan makin kritis. Meskipun ringan, tapi saat kita tahu bahwa bacaan itu ringan, itu adalah tanda-tanda kita kritis. Dan jangan salah! Yang ringan, bikinnya enggak ringan, karena yang bikinnya mikir gimana supaya ringan. Yang ringan juga , kadang justru jadi yang menyeimbangkan, yang membahagiakan. Yang…yang… yang…

Yang Nanya: kriik…kriik…(kenapa jadi panjang gini?*nyesel nanya*)

***

Catatan:

Bila unggahan terakhir ini mengakibatkan efek “Gubrag” pada anda, maka itu respon yang wajar. He he he… maklum, baru saja tamat membaca buku ini bareng anak lelaki, dua malam lalu, jadi enggak perlu mencomot dari rak lagi. Jangan serius kali lah. Pandemi udah bikin stress kan…

Favorit saya dan anak di buku Si Juki dan Mang Awung ini adalah halaman 106 berjudul: Mengingatkan. Kami ngakak bareng secara spontan. Cerita-cerita lainnya: ada yang bikin senyum doang, bikin kezel, bikin mau marah, bikin gemas, bikin ketawa kecil, ketawa sedang, sampai ketawa delay (baru besok ketawanya ;p).

Nah, yang judulnya  Mengingatkan ini auto ngakak bareng tanpa selisih waktu (apaan sih…) sama si anak SD. Apakah kamu seperti kami: suka berkelakar?

.

.

Alhamdulillah akhirnya selesai juga mengunggah 17 buku berbahasa Indonesia.

Penulis Indonesia buanyak, buku juga macem-macem buanget.

Selamat Hari Buku Nasional 17 Mei 2021!

Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021, besok!

Yuk…ah… banyak baca, yuk!

 

You may also like